Polresta Solo Usut Kasus Aksi Vandalisme Papua Merdeka

Minggu, 25 Agustus 2019 : 19:10
SOLO - Sejumlah aksi vandalisme berbau provokasi soal isu Papua Merdeka muncul di Kota Solo. Jajaran Polresta Solo hingga kini berupaya untuk mengungkap siapa pelaku dibalik aksi meresahkan tersebut.

Informasi yang diperoleh kricomnews.com, Minggu (25/8/2019), aksi vandalisme ditemukan di sejumlah titik seperti di kawasan Kalitan, Jalan Ir. Juanda Jebres dan Jalan Dr. Sutomo.

"Terkait vandalisme, kami harapkan masyarakat tidak terprovokasi. Kami juga sudah berkomunikasi dengan teman - teman kita dari Papua," kata Kapolresta Solo AKBP Andy Rifai saat ditemui awak media.

Menurutnya, pelaku vandalisme bukan dilakukan masyarakat Papua. Kepada sejumlah tokoh masyarakat Papua yang ada di Kota Solo, Andy menjamin keamanan mereka.

"Mereka juga merasa (tersinggung) dengan adanya isu atau pun vandalisme kemarin, mereka merasa tidak nyaman. Mereka mengatakan bahwa (vandalisme) itu bukan kita (Warga Papua di Solo-Red)," terang Andy.

Kepada masyarakat, Andy meminta supaya bersikap bijak dan cermat serta tidak gegabah mengambil kesimpulan sepihak terhadap isu - isu yang bersifat provokatif.

"Maka dari itu, kita bersama masyarakat harus bijak dan lebih cermat untuk melihat, apakah isu itu hanya provokatif atau benar," tegasnya.

Berdasarkan penelusuran di sejumlah tempat, Andy menyebut, sementara ada tiga tempat yang ditemukan coretan vandalisme tentang Papua. Untuk antisipasi kedepan, masyarakat diminta bekerjasama untuk mencegah aksi vandalisme.

"Selama ini keberadaan warga dari beragam suku di Kota Solo sudah terjalin harmonis serta dapat saling hidup berdampingan," ujarnya.

Aksi vandalisme ini menjadi sebuah tantangan. Jangan sampai warga Papua yang tinggal di Kota Solo menjadi tidak nyaman, karena mereka tentu ada juga yang sudah lama menetap.

"Mungkin tinggal di sini untuk belajar, maupun bekerja. Dengan adanya hal - hal seperti itu, mereka pun merasa tidak nyaman," pungkasnya.

Reporter: Sapto Nugroho

Editor: Awang

Share this Article
Previous Article
Next Article
Copyright © 2019 Kricomnews - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com