Ungkap Dugaan Pungli, Ombudsmam Percaya Saat Ini Rumini dapat Tekanan Berat

Sabtu, 06 Juli 2019 : 05:44
KRICOMNEWS - Kepala Ombudsman Perwakilan Banten Bambang P Kusumo mengatakan persoalan dugaan pungutan liar (Pungli) di SDN 02 Pondok Pucung, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi perhatian serius Ombudsman Provinsi Banten.

Dalam kasus Rumini, Ombudsman bakal mendalami dan mengirim tim untuk langsung turun dilapangan.

Menurut Kepala Bambang, seharusnya upaya Rumini membuka takbir adannya dugaan pungli di sekolah dimana guru honorer ini mengajar sebelum akhirnya di berhentikan mendapatkan apresiasi dari pemerintah setempat.

Bukan sebaliknya, Rumini menjadi pesakitan. Dimana, ungkap Bambang, Disdikbud Tangsel seharusnya memback up Rumini dengan melakukan pemeriksaan internal.

"Seharusnya langkah guru tersebut sebagai pendidik yang mengungkap pungli di sekolah harus diapresiasi oleh Dinas Pendidikan, karena dia ingin memperbaiki lembaga pendidikan yang penuh pungli seperti bukan lembaga pendidikan," papar Bambang pada wartawan, Jumat (5/7/2019).

"Dinas sudah sepantasnya memback up ibu guru Rumini dan melakukan pemeriksaan internal, bukan malah menghukum orang baik yang mau jadi whistle blower," imbuh Bambang.

Bambang yakin, Rumini saat ini mendapatkan intimidasi dan perlawanan dari pihak-pihak yang berkepentingan. Pihaknya menduga jaringan pungli dalam kasus Rumini sudah tersebar.

"Pasti ada intimidasi karena mereka takut terbongkar, jaringannya sudah kemana-mana. Orangtua murid ketakutan anaknya dikeluarkan dari sekolah bila kasusnya terbongkar. Kita dalami, tentu kita akan memberi saran-saran korektif kepada Walikota Airin Rachmi Diany,"tegas Bambang.

Ombudsman, kata dia, berharap aparat penegak hukum seperti Saber Pungli Polres Tangerang Selatan langsung merespon persoalan-persoalan pungli. Selain itu, pihak inspektorat pun diharapkan tidak masuk angin dalam menangani kasus dugaan pungli dalam persoalan Rumini. (Tyo)
Share this Article
Previous Article
Next Article
Copyright © 2019 Kricomnews - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com