PPDB Banten Mundur, Ombudsman Bentuk Tim Monitoring Pengumuman Siswa Baru

Senin, 01 Juli 2019 : 21:53
KRICOMNEWS - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Bambang P Sumo mengutarakan pihaknya tengah mensoroti keberadaan sekolah di Banten.

Pasalnya, pengunduran jadwal pengumuman PPDB SMAN/SMKN menjadi salah satu indikator bila pihak penyelenggara pendidikan, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten belum bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Khususnya masalah Ujian Nasional (UN) dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.

"Pelaksanaan PPDB tahun 2019 terlihat kurang adanya sosialiasi yang lebih intensif terkait Permendikbud, Pergub dan Juknis di sekolah, dan juga sosialisasi kepada masyarakat luas. Paling tidak sosialisasi melalui siswa, sehingga betul tentang tata cara pendaftaran," jelas Bambang P Kusumo, Senin (1/7/2019).

Untuk itu, ungkap Bambang, Ombudsman pun langsung bertindak cepat dengan membentuk tim monitoring UN dan tim monitoring PPDB. Tim ini bertugas memantau terus menerus dari awal proses pelaksanaan ujian nasional dan PPDB.

"Untuk mengawal pelayanan publik di bidang pendidikan, Ombudsman telah membentuk tim monitoring UN dan kemudian dilanjutkan dengan monitoring PPDB yang bertugas memantau terus menerus dari awal proses pelaksanaan ujian nasional dan berlanjut memantau PPDB SD sampai dengan SMAN/SMKN," jelasnya.

Kurangnya sosialisasi PPDB itu, Ombudsman lagi-lagi menegaskan bahwa masyarakat masih dibingungkan dengan cara upload formulir, antre untuk verifikasi dan mencetak lokasi domisili melalui google map, dan sebagainya. (Sus/Tyo)
Share this Article
Previous Article
Next Article
Copyright © 2019 Kricomnews - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com