Pengamat UIN: Hasil Penelusuran Inspektorat Kasus Rumini Ditunggu Publik

Sabtu, 06 Juli 2019 : 05:36
KRICOMNEWS - Respon yang ditunjukan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dengan menerjunkan tim dari Inspektorat untuk menelusuri dugaan pungli yang disuarakan Rumini, ditunggu publik.

Hal itu diutarakan kebijakan Publik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarak pada wartawan, Jumat (5/7/2019). Menurut Syarif kini publik tengah menunggu hasil dari Inspektorat tentunya, sangat diharapkan dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut Zaki Mubarak, praktek-praktek pungutan liar (pungli) di Tangerang Selatan (Tangsel) telah terjadi sejak lama. Bahkan, pungli itu disamarkan dengan dalih sumbangan sukarela.

"Kalau kita mau jujur, keluhan guru-guru soal adanya pungli di Tangsel yang melibatkan Dinas Pendidikan dengan dalih yang disamarkan sebagai sumbangan sukarela sudah berlangsung sejak lama, dan itu terjadi bertahun-tahun yang lalu," terang Zaki Mubarak, Jum'at (4/7/2019).

Dalam kasus Rumini, menurut Zaki Mubarak masih ada sisi gelap dalam dunia pendidikan di Tangsel. Pihaknya mencontohkan dalam peristiwa sejumlah kasus, bahwa terdapat dinas yang memaksa melakukan pungli demi tuntutan membalas jasa kepada kepala daerah.

"Jadi sebagai bagian dari anak bangsa, saya berharap kasus Rumini menyadarkan kita semua bahwa masih ada sisi-sisi gelap di dunia pendidikan. Dalam sejumlah kasus, dinas-dinas terpaksa melakukan pungli karena tuntutan "balas jasa" kepada kepala daerah yang memilihnya," jelas Zaki Mubarak.

Dilain pihak Zaki menilai, adanya dukungan dari masyarakat sipil memberi advokasi maupun pembelaan kepada Rumini semata-mata karena tujuan yang mulia demi terwujudnya good governance dalam dunia pendidikan di Tangsel.

Oleh sebab itu, sambung Zaki Mubarak, bahwa DPRD Tangsel harus menjalankan fungsi pengawasannya dengan sungguh-sungguh dan diharapkan jangan sekali-kali wakil rakyat di Tangsel, itu bermain mata dalam kasus Rumini.

"Para anggota dewan bertanggungjawab kepada Tuhan dan rakyat. Demikian pula Inspektorat harus imparsialitas dan integritasnya. DPRD harus menjalankan fungsi pengawasannya, jangan sampai bermain mata," sindirnya. (Tyo)
Share this Article
Previous Article
Next Article
Copyright © 2019 Kricomnews - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com