Antisipasi Menurunnya Sumber Air Tanah, Pemkab Sragen Wacanakan Buat Aturan Pengetatan

Selasa, 09 Juli 2019 : 21:58
SRAGEN - Semakin menjamurnya sumur sibel atau sumur artesis dengan mengebor di areal persawahan, dikhawatirkan bisa mematikan sumber-sumber air dan memicu krisis air di banyak wilayah Sragen.

Untuk mengatasi hal tersebut agar tidak terjadi, pemerintah Kabupaten Sragen berencana menerapkan aturan dan pembatasan terkait pembuatan sumur sibel. Sekda Sragen, Tatag Prabawanto sebut, pihaknya sudah sampaikan kekhawatiran tersebut dalam rakor persiapan antisipasi kekeringan, beberapa hari lalu.

"Jika tidak dibuat aturan, dikhawatirkan jumlahnya (sumur Sibel) makin meluas. Akibatnya semakin turunnya air tanah," jelasnya belum lama ini.

Ditambahkan Tatag, tidak menutup kemungkinan nantinya akan diterapkan aturan untuk pembuatan sumur Sibel harus mendapatkan ijin dari pemerintah setempat. Agar kedepannya tidak terjadi eksploitasi terhadap air permukaan.

"Demikian juga dengan masyarakat, harus patuh dengan aturan yang berlaku," imbuhnya.

Selama ini, lanjut Tatag, pemerintah daerah berupaya maksimal mengatasi kekeringan. Dan kehadiran sumur sibel memang sudah saatnya harus dievaluasi. Keneradaan sumur Sibel ini memicu kekeringan sumur permukaan.

Terpisah, Direktur PDAM Sragen Supardi tak menampik, fenomena sumur sibel yang marak di sejumlah wilayah, menjadi ancaman baru bagi nasib ketersediaan air.

Dirinya sebut wilayah yang banyak sumur sibel adalah daerah pertanian. Seperti di Tanon, Masaran, Ngrampal, Sidoharjo, Sambungmacan dan beberapa wilayah berbasis pertanian lainnya.

"Sebenarnya meman dilematis. Kalau dilarang, nanti dianggap tidak pro petani. Tapi kalau dibiarkan makin banyak maka sumber air akan terus berkurang," imbuhnya.

Pasalnya sumur sibel itu yang diambil sumber air permukaan. Lama kelamaan akan habis dan krisis air bisa makin meluas. Dampak panjangnya yang harus diantisipasi dan perlu dicari solusi terbaiknya
Share this Article
Previous Article
Next Article
Copyright © 2019 Kricomnews - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com