UB Siapkan Gedung Kapasitas 300 Orang Terkait Sidang Perselisihan Pilpres Oleh MK 

Jumat, 14 Juni 2019 : 08:39
KRICOMNEWS - Universitas Brawijaya (UB) tengah menyiapkan segala fasilitas dan sarana menjelang sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi.

Fakultas Hukum UB ditunjuk oleh MK menjadi salah satu tempat pemeriksaan saksi PHPU melalui video conference pada PHPU Pilihan Presiden (Pilpres) di Malang.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Rachmad Safa'at menyatakan pemberian keterangan saksi dilakukan melalui video conference dan pihaknya telah mempersiapkan untuk hari ini.

"Kita memang diminta untuk siap-siap. Jadi selama persidangan PHPU di MK, salah satunya di FH UB, itu punya jaringan teleconference yang biasa digunakan untuk persidangan jarak jauh.

Selama PHPU, kita diminta siap, kalau misalnya sewaktu-waktu ada pemberian keterangan dilakukan video conference. Untuk itu kita sudah siap, mulai sekarang sampai sidang akhir nanti," beber Ali Syafaat.

Pihaknya juga mengaku telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyiapkan keamanan di area video conference dan kampus mengantisipasi segala gangguan keamanan yang terjadi.

"Kita sudah siap untuk itu. Sudah juga koordinasi dengan kepolisian. Kepolisian sudah siap. Kita sudah siapkan ruangan teleconference dengan kapasitas 300 orang termasuk kamera dan layar untuk persidangan," jelasnya kembali.

Sebagai informasi sidang pertama sengketa Pemilu digelar hari ini Jumat (14/6/2019) dengan agenda pertama mengajukan nama - nama saksi, termasuk saksi ahli.

Persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) digelar terbuka, masyarakat pun yang berkenan diizinkan untuk mengikuti jalannya persidangan melalui ruangan di lantai 6 Auditorium Fakultas Hukum yang nantinya akan terhubung langsung dengan ruangan persidangan di Mahkamah Konstitusi.

"Pernah di Pemilu 2014. Selain sidang, juga detertasi yang salah satu dosen pengujinya hakim MK, ya pakai vikon," tukasnya. (Miada/Aan)
Share this Article
Previous Article
Next Article
Copyright © 2019 Kricomnews - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com