Longsor Masih Putuskan Jalan Raya Malang - Lumajang

Jumat, 14 Juni 2019 : 22:07
KRICOMNEWS - Longsor yang menerjang kawasan selatan Gunung Semeru membuat Jalan Raya Malang - Lumajang KM 55 tepatnya di Desa Wareng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang ditutup total sejak Jumat siang.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi mengatakan longsor terjadi pada Jumat siang sekitar pukul 13.30 WIB akibat hujan deras yang melanda lokasi sejak Jumat dini hari.

"Laporan dari warga sekitar pukul 13.30 WIB. Akses jalan ditutup sejak tadi siang kini masih pembersihan," ujarnya pada kricomnews.com, Jumat malam.

Wawan menyebut bila material longsoran kali ini cukup banyak dan besar lantaran adanya bebatuan dalam diameter yang besar menutup jalan raya.

"Material longsor cukup besar menutupi jalan sepanjang hampir 50 meter dari ketinggian tebing lebih dari 15 meter. Kami kerahkan 2 alat berat, 1 ekskavator siang tadi dan 1 bego yang baru tiba malam ini," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Malang Bagyo Setiono menjelaskan karena wilayah yang longsor berada di perbatasan wilayah antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, BPBD Kabupaten Malang juga menerjunkan personelnya.

"Wilayah yang longsor ini di perbatasan, sesuai kesepakatan kami juga turunkan personel. Karena wilayah Malang sendiri juga terdampak longsoran, jadi kami bersihkan yang sisi barat, BPBD Lumajang yang sisi timurnya," tukas Bagyo.

Kendala hujan yang mengguyur lokasi kejadian membuat proses evakuasi berjalan lambat lantaran petugas masih mewaspadai adanya longsor susulan.

"Biasa faktor cuaca hujan ini yang agak menghambat evakuasi," pungkasnya.(Miada/Tyo)
Share this Article
Previous Article
Next Article
Copyright © 2019 Kricomnews - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com