Ganjar Sidak PPDB Online SMAN 1 Surakarta

Jumat, 28 Juni 2019 : 20:06
KRICOMNEWS - Sering mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2019, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah telah menjalin komunikasi dengan Kementrian Pendidikan.

Disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai sidak penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMAN 1 Surakarta bahwa pihaknya telah mengusulkan perubahan terkait zonasi untuk siswa berprestasi.

Tentu saja pihaknya menyampaikan kepada Kementrian bagiamana kondisi yang sebenarnya terjadi di daerah. Bahkan beberapa sekolah berpotensi kekurangan murid. Seperti di Wonogiri dan Kendal. Jumlah siswa yang mendaftar sangat minim.

"Sejak aturan persentase untuk murid berprestasi ramai dibicarakan, kami sudah bicara dengan menteri langsung. Alhamdulillah hari ini kuotanya ditambah," jelas Ganjar, Jumat (28/6).

Ditambahkan Ganjar sebenarnya sistem zonasi yang diterapkan bagus untuk pemerataan di bidang pendidikan. Namun menurutnya semua proses tersebut perlu waktu.

"Zonasi itu bagus, tapi kita butuh waktu untuk membuat sekolah itu favorit untuk semuanya Dan tugas dari pemerintah adalah memfavoritkan seluruh sekolah," imbuhnya.

Kedepannya pihaknya juga akan melakukan rolling (perpindahan) guru-guru yang berprestasi pindah ke sekolah lain dengan tujuan "memintarkan" para siswa.

"Kita harapkan guru berputar itu seperti pejabat (di) nasional. Jika sukses di situ selama 2 tahun langsung (dapat) promo. Mutar ke sekolah lain sehingga anak-anak mendapatkan kesempatan yang sama," imbuhnya.

Saat ini, kuota penerimaan PPDB 2019 di Jawa Tengah kuaota 5 persen untuk perpindahan tugas orang tua, 15 persen prestasi di luar zona, 80 persen zonasi yang dibagi menjadi 20 persen prestasi dalam zona dan 60 persen murni zonasi.

Disamping itu Pemerintah Propinsi Jawa Tengah Ganjar tetap menerapkan urutan prestasi yang berjenjang. Mulai juara kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional yang akan diverifikasi langsung di tempat pendaftaran. (Sus/Tyo)
Share this Article
Previous Article
Next Article
Copyright © 2019 Kricomnews - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com