Cegah Penyebaran Penyakit Rabies, Bupati Karanganyar Siap Tutup Warung Penjual Daging Anjing

Rabu, 19 Juni 2019 : 06:00
KRICOMNEWS - Bupati Karanganyar Juliyatmono berencana menutup seluruh warung yang menjual daging anjing yang ada di wilayahnya. Penutupan warung yang dikenal dengan sebutan warung rica-rica guk-guk ini dilakukan untuk selain melindungi keberadaan anjing agar tidak punah.

Juga mencegah penyebaran penyakit karena mengkonsumsi daging anjing. Sebab tak menutup kemungkinan anjing yang dikonsumsi itu terkena penyakit rabies.

"Dalam rangka mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh daging anjing kami, akan segera menutup warung makan yang menjual daging anjing di seluruh wilayah kabupaten Karanganyar," papar Bupati Karanganyar Juliyatmono, Selasa (18/6/2019).

Ditambahkan Juliyatmono, sebelum dilakukan penutupan, pihaknya akan mengumpulkan seluruh penual daging anjing. Nantinya para pedagang itu akan diberi arahan untuk merubah profesinya atau usahanya.

"Nanti kita kumpulkan, kita arahkan untuk menganti jualnya dengan bidang usaha yang lain yang lebih baik lagi. Kita bantu modal untuk mencari rezeki yang lebih baik lagi demi kebaikan kita semua supaya terhindar dari penyakit Rabies," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo menambahkan pemilik warung sate anjing saat ini tersebar di beberapa wilayah.

"Diantaranya ada di wilayah Jumantono, Colomadu, Karanganyar kota dan sebagian wilayah lain. Lebih baik segera mungkin kita bubarkan, karena kalau tidak segera takutnya akan membawa dampak yang tidak baik bagi yang mengkonsumsinya," pesannya. (Bra/Tyo)
Share this Article
Previous Article
Next Article
Copyright © 2019 Kricomnews - All Rights Reserved
Design by Ginastel.com